Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemerintah Percepat Penyaluran Bansos di Akhir 2023

Pemerintah Percepat Penyaluran Bansos di Akhir 2023

Pemerintah Percepat Penyaluran Bansos di Akhir 2023

Bansos Kita - Pemerintah Percepat Penyaluran Bansos di Akhir 2023 - Pemerintah Indonesia mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos) di akhir tahun 2023. Langkah ini diambil untuk membantu masyarakat yang terdampak ekonomi yang sulit di tengah pandemi global.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, ada tiga jenis bansos yang akan segera diberikan, yaitu:
  1. BLT El Nino Rp 400.000
  2. Bansos Beras 10 Kilogram
  3. Insentif Pajak untuk Rumah di Bawah Rp 2 Miliar

BLT El Nino Rp 400.000

BLT El Nino merupakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat yang terdampak kekeringan dan banjir akibat El Nino. Bantuan ini akan diberikan kepada 2,7 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dengan nominal Rp 400.000 per KPM.

Bansos Beras 10 Kilogram

Bansos beras 10 kilogram merupakan bantuan yang diberikan kepada 20 juta KPM. Bantuan ini akan diberikan dua kali, yaitu pada bulan Oktober dan November 2023.

Insentif Pajak untuk Rumah di Bawah Rp 2 Miliar

Insentif pajak untuk rumah di bawah Rp 2 miliar merupakan insentif yang diberikan kepada masyarakat yang membeli rumah baru. Insentif ini berupa pengurangan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 50%.

Airlangga mengatakan, penyaluran bansos akan dilakukan secara bertahap mulai bulan Oktober hingga November 2023.

"Bansos ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang terdampak ekonomi yang sulit di tengah pandemi global," kata Airlangga.

Respons Masyarakat

Respons masyarakat terhadap kebijakan percepatan penyaluran bansos ini umumnya positif. Masyarakat menyambut baik langkah pemerintah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Bansos ini sangat membantu saya dan keluarga. Saya sangat bersyukur atas bantuan dari pemerintah," kata Budi, warga Jakarta yang menerima bansos.

Namun, ada juga masyarakat yang mempertanyakan besaran bansos yang diberikan. Masyarakat menilai, besaran bansos yang diberikan masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup.

"Bansos yang diberikan masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Saya berharap pemerintah dapat meningkatkan besaran bansos," kata Ratna, warga Bandung yang menerima bansos.

Menanggapi hal ini, Airlangga mengatakan, pemerintah akan terus mempertimbangkan masukan dari masyarakat. Pemerintah akan berupaya untuk meningkatkan besaran bansos di masa depan.

sumber :
  • Kemenko Perekonomian: Pemerintah Percepat Penyaluran Bansos di Akhir 2023 (Kompas)
  •  Pemerintah Percepat Penyaluran Bansos di Akhir 2023 (Tempo)
  • Pemerintah Percepat Penyaluran Bansos di Akhir 2023 (CNN Indonesia)

Posting Komentar untuk "Pemerintah Percepat Penyaluran Bansos di Akhir 2023"