Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENDAFTARAN PROGRAM YESS 2023

pendaftaran-program-yess-2023.

PENDAFTARAN PROGRAN YESS 2023

Bansos KitaProgram YESS (Youth Entrepreneurship and Employment Support Services) merupakan program kerja sama antara Kementerian Pertanian dan International Fund for Agricultural Development (IFAD) untuk menumbuhkembangkan wirausaha muda dan tenaga kerja yang handal di sektor pertanian. Program ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi pemuda dalam bidang pertanian, sehingga mereka dapat menjadi wirausahawan yang sukses dan berkontribusi terhadap pembangunan pertanian di Indonesia.

Sasaran program YESS adalah pemuda berusia 17-39 tahun yang berdomisili di 15 kabupaten di empat provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan. Program ini telah berlangsung sejak tahun 2019 dan telah menjangkau lebih dari 5.000 pemuda.


Program YESS terdiri dari empat komponen utama, yaitu:

  1. Pelatihan dan pendampingan, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemuda dalam bidang pertanian, seperti budidaya tanaman, peternakan, perikanan, dan pengolahan hasil pertanian.
  2. Peningkatan akses permodalan, yang bertujuan untuk membantu pemuda mendapatkan akses ke permodalan untuk mengembangkan usahanya.
  3. Peningkatan jejaring, yang bertujuan untuk menghubungkan pemuda dengan pelaku usaha dan lembaga lainnya di sektor pertanian.
  4. Peningkatan kesadaran sosial, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pemuda akan pentingnya pembangunan pertanian berkelanjutan.
Program YESS telah memberikan dampak positif bagi pemuda yang mengikutinya. Peserta program telah memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang berguna untuk mengembangkan usahanya. Selain itu, program ini juga telah membantu peserta untuk mendapatkan akses permodalan dan jejaring yang dibutuhkan untuk mengembangkan usahanya.

Salah satu contoh sukses program YESS adalah kisah Andi, seorang pemuda berusia 25 tahun asal Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Andi merupakan peserta program YESS yang telah mengikuti pelatihan budidaya tanaman padi. Setelah mengikuti pelatihan, Andi berhasil mengembangkan usahanya menjadi petani padi yang sukses. Saat ini, Andi memiliki lahan sawah seluas 2 hektar dan mampu menghasilkan padi sebanyak 20 ton per tahun.

Program YESS merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan peran pemuda dalam pembangunan pertanian di Indonesia. Program ini telah memberikan dampak positif bagi pemuda yang mengikutinya dan diharapkan dapat terus berkembang untuk menjangkau lebih banyak pemuda di Indonesia.

Untuk Link Pendaftaran klik disini

Siapkan Data Diri Anda dan usaha kalian, ana juga bisa mendaftar sebagai Young Ambassador Agriculture YESS Programme 2023

Peserta nanti bisa mengajukan Program Bantuan Hibah Kompetitif YESS

DOWNLOAD PROPOSAL BANTUAN HIBAH KOMPETTIF PROGRAN YESS KEMENTAN

Edittor : Narabas Zariar


Posting Komentar untuk "PENDAFTARAN PROGRAM YESS 2023"