Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGGUNAAN APLIKASI SIDALIH PADA PEMILU 2024

penggunaan-aplikasi-sidalih-pada-pemilu-2024

PENGGUNAAN APLIKASI SIDALIH PADA PEMILU 2024

Dalam mengolah data pemilih Komisi Pemilihan Umum (KPU) merilis lagi aplikasi Sidalih untuk mempermudah pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kepanjangan dan Arti Sidalih

Sidalih adalah singkatan dari Sistem Informasi Data Pemilih. Sidalih adalah layanan pendataan pemilih Pemilu untuk mempermudah KPU melayani masyarakat menjaga hak pilihnya.

Fungsi Sidalih

Sidalih merupakan aplikasi data daftar pemilih yang akan digunakan dalam penyelengaraan Pemilu 2024 dari mulai pemetaan TPS hingga oenyususn Daftar Pemilih Tetap. Dilansir situs Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), ada empat fungsi utama Sidalih, yaitu:

  • Fungsi sosialisasi: Data pemilih dalam Sidalih bisa dengan mudah diakses melalui internet.
  • Fungsi perekamanan data: Seluruh data pemilih Pemilu akan direkam dan dilindungi dalam Sidalih.
  • Fungsi pendeteksi data ganda: Data pemilih Pemilu dalam Sidalih sesuai dengan data lapangan. Data-data tersebut melalui proses coklit oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang menggunakan e-coklit. 

Sidalih Pemilu 2024

Pada pemilu 2024 KPU merilis aplikasi sidalih yang berbeda dengan penyelenggaraan pemilihan sebelumnya, pada saat ini KPU menyiapkan aplikasi sidalih dekstop dengan sistem kerja offline, dan melalui web sidalih dengan sistem kerja online. 

Aplikasi Sidalih dirancang oleh KPU RI untuk pemutakhiran Data Pemilihan. Aplikasi Sidalih digunakan oleh Kantor KPU dalam rangka memberikan kemudahan bagi operator data pemilih di lingkungan KPU tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi maupun tingkat PPK untuk Melakukan Pemutakhiran Data Pemilih
Memelihara data secara berkelanjutan untuk menghasilkan data pemilih yang berkualitas, transparan, aksesibel sehingga dapat melindungi Hak Pilih setiap Warga Negara Indonesia.

*Narabas Zariar*



Posting Komentar untuk "PENGGUNAAN APLIKASI SIDALIH PADA PEMILU 2024"