Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PELANTIKAN DAN APEL PANTARLIH PEMILU 2024

pelantikan-dan-apel-pantarlih

PELANTIKAN DAN APEL PANTARLIH PEMILU 2024

Bansos Kita - Pagi ini Komisi Pemilihan Umum Lantik pantarlih dan Gelar Apel kesiapan Pantarlih. Apel ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, yang menandai dimulainya pencocokan dan penelitian data pemilih yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) kepada calon pemilih yang berada di TPS masing-masing yang sebelumnya telah dipetakan oleh Panitia Pemungutan Suara dan Sekretariat (PPS). 

pelantikan-dan-apel-pantarlih

Pada sambutannya ketua KPU Hasyim Asy'ari dalam rangka Apel Kesiapan Pantarlih yang dilakukan serentak pada 38 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota menyampaikan;

"Tahapan penyusunan daftar pemilih merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial dan strategis bagi terselenggaranya Pemilihan Umum. Oleh karena itu, pemutakhiran data pemilih menentukan bagi tahapan Pemilu selanjutnya. Jika hasil penyusunan daftar pemilih bermasalah atau tidak valid, dapat dipastikan tahapan Pemilu selanjutnya akan terganggu. "

Selanjutnya Ketua KPU RI menegaskan, Pantarlih merupakan ujung tombak dalam pemutakhiran dan penyusunan daftar Pemilih. Untuk itu perlu adanya kesiapan Pantarlih dalam menjalankan tugas pemutakhiran data Pemilih meliputi:

  1. Berkoordinasi dengan tokoh masyarakat lokal pada saat akan memulai dan selesai melakukan Coklit.
  2. Dalam setiap pelaksanaan Coklit, Pantarlih wajib menggunakan atribut/kelengkapan Pantarlih.
  3. Dalam melaksanakan tugas, Pantarlih wajib mengisi buku kerja untuk mencatat semua aktivitas yang dilakukan. 
  4. Apabila ada hal-hal yang belum jelas agar berkoordinasi dengan PPS, PPK atau KPU Kabupaten/Kota.
pelantikan-dan-apel-pantarlihpelantikan-dan-apel-pantarlih

Petugas Pemutakhiran Pemutakhiran Data (Pantarlih) merupakan ujung tombak KPU dalam melakukan pemutakhiran dan pendaftaran Pemutakhiran. Pantarlih dalam melakukan proses pemutakhiran dan pendaftaran Pemilih mengemban tugas yang sangat penting yaitu melayani hak konstitusional warga negara dalam menggunakan hak pilihnya. Pekerjaan yang sangat penting ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab karena itu Pantarlih harus memperhatkkan kententuan dan pedoman coklit agar dalam pencocokan data pemilih mendapatkan hasil yang baik.




Editor :
Narabas Zariar

Posting Komentar untuk "PELANTIKAN DAN APEL PANTARLIH PEMILU 2024"