Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KEMENSOS KELUHKAN DANA 412 MILIAR UNTUK BANSOS 2023 DIBLOKIR

keluhkan-dana-412-miliar-diblokir

KEMENSOS KELUHKAN DANA 412 MILIAR UNTUK BANSOS 2023  DIBLOKIR 

Bansos Kita - Sebelumnya Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani siap menggelontorkan Rp476 triliun untuk anggaran bantuan sosial (bansos) pada 2023 pada kegiatan Outlook Perekonomian Indonesia 2023, Rabu (21/12.

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut ada anggaran Kementerian Sosial yang diblokir Kementerian Keuangan. Adapun jumlahnya mencapai Rp 412,08 miliar.

"Anggaran 2023 ini turun sekitar Rp 300 miliar. Nah kemudian ini diblokir Rp 412 miliar sendiri, sudah diblokir di awal," katanya dalam Raker dengan Komisi VIII DPR RI, Rabu (8/2/2023).

Padahal menurutnya, dana yang diblokir termasuk bantuan sosial (bansos). Menurut Risma jika anggaran sudah disetujui DPR mestinya pihaknya bisa langsung menggunakannya. Ia pun mengaku sudah bersurat dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Saya sudah sampaikan ke bu Menkeu. Bu, kalau sudah disetujui DPR kan mestinya kita bisa jalan. Ini termasuk bansos loh pak, kita diblokir Rp 400 miliar ini," lanjutnya.

Namun menurut Risma, hingga sekarang dana yang diblokir itu masih belum dibuka. Ia pun mengeluhkan kondisi ini.

"Nggak ada pak kami macam-macam, susah kami pak, berat ini. Ini kalau buka blokir, rapat itu harus terus sampe jam 2 malam, tiap hari buka blokir, berat bener," tuturnya.

Risma mencontohkan, dana Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA) misalnya yang baru dibuka Oktober 2022. Dengan waktu yang terbatas hal ini membuat realisasinya menjadi rendah.

"Jadi karena itu kami minta dari awal untuk bisa dibuka di awal, karena berat. Yang pertama kalau waktunya mendesak petugas kita juga terbatas, sehingga PENA ini sangat rendah (realisasi) padahal kita udah tiap hari sampai jam 3 pagi," ujarnya. 

calon penerima bansos harus terdaftar di dtks dan masuk syarat pemerima bansos kemensos setelah syaratnya terpenuhi baru daftar dtks

Sebanyak 102 PKH Kunjungi Kantor KEMENSOS RI

**Narabas Zariar

Posting Komentar untuk "KEMENSOS KELUHKAN DANA 412 MILIAR UNTUK BANSOS 2023 DIBLOKIR "