Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JADWAL PENCAIRAN PKH BPNT 2023

pencairan-pkh-bpnt
JADWAL PENCAIRAN PKH BPNT 2023

Bansos Kita Saat ini banyak sekali masyarakat yang bertanya-tanya kapan bansos PKH dan BPNT 2023 cair.

Karena pemerintah akan kembali menyalurkan beberapa bansos termasuk PKH dan BPNT di tahun 2023. Adapun bansos PKH dan BPNT 2023 ini akan kembali disalurkan kepada keluarga kategori miskin atau rentan miskin.

Terutama bansos PKH, seperti sebelumnya akan menyasar tujuh kategori yang ditetapkan, seperti ibu hamil, anak balita, pelajar SD, SMP, SMA, lansia, dan penyandang disabilitas. Sedangkan BPNT 2023 akan disalurkan kepada masyarakat kurang mampu yang kesulitan memenuhi kebutuhan pangannya.

BPNT sendiri merupakan suatu bantuan untuk masyarakat yang berguna memenuhi kebutuhan pokok seperti untuk membeli beras, telur, sayur, daging atau lainnya.

Terus kapan tanggal pasti penyaluran bansos PKH dan BPNT 2023 ini akan dicairkan?

Apabila menilik aturan dan mekanisme penyaluran sebelumnya, maka penyaluran PKH akan cair setiap tiga bulan dalam satu tahun atau dibagi ke dalam 4 tahapan.

Adapun berikut rincian jadwal penyaluran bansos PKH 2023 berdasarkan regulasi sebelumnya:

Tahap 1: Disalurkan mulai bulan Januari, Februari dan Maret.

Tahap 2: Disalurkan mulai bulan April, Mei dan Juni.

Tahap 3: Disalurkan mulai bulan Juli, Agustus dan September.

Tahap 4: Disalurkan mulai bulan Oktober, November dan Desember. 



Sementara itu, untuk BPNT 2023 jika seperti sebelumnya, maka akan cair setiap bulan dalam satu tahun pencairan. BPNT 2023 akan mulai disalurkan pada awal bulan Januari 2023 kepada masyarakat yang memenuhi syarat dan akan cair sebesar Rp200.000 jika sama seperti regulasi sebelumnya.

Selain itu, adapun juga berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi masyarakat jika ingin mendapat bansos PKH dan BPNT 2023, di antaranya:

  1. Berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin.
  2. Warga terdampak pandemi Covid-19 atau kehilangan pekerjaan karena terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).
  3. Bukan Aparatur Sipil Negara (ASN).
  4. Bukan anggota TNI maupun Polri
  5. Sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Jika sudah memenuhi beberapa syarat tersebut, maka masyarakat bisa segera ajukan diri agar terdaftar menjadi KPM bansos PKH dan BPNT 2023 dengan cara melakukan daftar secara online dengan mengunduh Aplikasi Cek Bansos di HP.

calon penerima bansos harus terdaftar di dtks dan masuk syarat pemerima bansos kemensos setelah syaratnya terpenuhi baru daftar dtks


Editor :

Narabas Zariar


bpnt 2023 kapan cair, cek bansos pkh, pip 2023 kapan cair, bansos 2023, pip kemdikbud go id 2022, cek nama penerima bansos 2022

Posting Komentar untuk "JADWAL PENCAIRAN PKH BPNT 2023"