Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BPP Cipatujah dan PUSKESMAS Cipatujah Mengadakan Sosialisasi Gizi SL P2L Program Upland

BPP Cipatujah dan PUSKESMAS Cipatujah Mengadakan Sosialisasi Gizi SL P2L Program Upland

BPP Cipatujah dan PUSKESMAS Cipatujah Mengadakan Sosialisasi Gizi SL P2L Program Upland

Bansos Kita - BPP Cipatujah dan PUSKESMAS Cipatujah Mengadakan Sosialisasi Gizi SL P2L Program Upland - Kamis, 24 Agustus 2023, Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Cipatujah dan Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Cipatujah, Jawa Barat, telah berhasil menyelenggarakan acara sosialisasi gizi SL P2L Program Upland. Kegiatan yang berlangsung ini diikuti oleh anggota dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Darawati dan KWT Desa Bantarkalong.

Tujuan utama dari sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota KWT di bidang pertanian dan gizi. Fokus utama diberikan pada pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, serta proses pengolahan dan pemasaran hasil pertanian.

Para peserta berkesempatan mendapatkan materi yang beragam, yang disajikan oleh para ahli dari BPP dan PUSKESMAS Kecamatan Cipatujah. Beberapa materi yang disampaikan meliputi:
  1. Teknik Pemanfaatan Limbah dan Pembuatan Pupuk Organik serta Agen Hayati oleh Cecep Wanto: Cecep Wanto menjelaskan betapa pentingnya memanfaatkan limbah dalam pertanian serta metode pembuatan pupuk organik dan agen hayati. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas tanah dan hasil panen.
  2. Teknik Perbenihan dan Pembibitan Sayur dan Buah oleh Yechika P: Yechika P membagikan teknik perbenihan yang optimal dan bagaimana melakukan pembibitan sayur dan buah dengan benar untuk menghasilkan bibit berkualitas tinggi.
  3. Teknik Penanganan Pasca Panen untuk Komoditas Sayur dan Buah oleh Rino Irawan: Rino Irawan mengulas metode penanganan pasca panen yang efektif untuk menjaga kualitas hasil pertanian setelah panen.
  4. Teknik Pengolahan Komoditas Sayur dan Buah oleh Christina F: Christina F memberikan wawasan tentang pengolahan kreatif dan inovatif komoditas sayur dan buah, yang dapat menambah nilai tambah produk.
  5. Manajemen Kelompok Usaha oleh Asep Sunjaya: Asep Sunjaya memberikan panduan tentang bagaimana mengelola kelompok usaha dengan baik untuk meningkatkan produktivitas anggota KWT.
  6. Manajemen Keuangan Kelompok oleh Acep Budi R: Acep Budi R memaparkan prinsip-prinsip manajemen keuangan kelompok, agar anggota KWT dapat mengelola keuangan dengan efisien.
  7. Kesadaran Gizi oleh Sani: Materi dari Sani mengangkat kesadaran gizi, yang menjadi aspek penting dalam pertanian dan kesejahteraan anggota KWT.
Peserta KWT merespons kegiatan sosialisasi ini dengan penuh antusiasme. Mereka berharap partisipasi dalam acara ini akan membantu mereka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pertanian, yang pada gilirannya akan meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan mereka.






Inisiatif kegiatan ini berasal dari kerja sama antara BPP Kecamatan Cipatujah dan PUSKESMAS Cipatujah. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan anggota KWT di bidang pertanian dan gizi, serta kesadaran akan pentingnya pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, serta proses pengolahan dan pemasaran hasil pertanian. Diharapkan, kegiatan ini dapat berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Posting Komentar untuk "BPP Cipatujah dan PUSKESMAS Cipatujah Mengadakan Sosialisasi Gizi SL P2L Program Upland"