Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara dan Syarat Mendapatkan Bantuan Sembako Adaptif 2023

Cara dan Syarat Mendapatkan Bantuan Sembako Adaptif 2023

Cara dan Syarat Mendapatkan Bantuan Sembako Adaptif 2023

Bansos Kita - Cara dan Syarat Mendapatkan Bantuan Sembako Adaptif 2023 - Pemerintah kembali menyelenggarakan program bantuan kepada masyarakat. Program bernama Bantuan Sembako Adaptif (BSA) akan disalurkan pemerintah sekitar bulan Februari atau Maret 2023 ini.

Bantuan ini merupakan program pemerintah untuk menggantikan Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang digelar oleh Kementerian Ketenagakerjaan. Peserta BSA akan mendapat bantuan sebesar Rp 800.000.

Untuk informasi selanjutnya mengenai Bantuan Sembako Adaptif (BSA) yang diselenggarakan oleh pemerintah, berikut ini bansoskita.com telah merangkum beberapa fakta detailnya dari berbagai sumber.

Penerima BSA berstatus sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Meski begitu, tidak semua masyarakat berhak mendapat BSA dari pemerintah. Program BSA hanya disalurkan kepada masyarakat berstatus sebagai Keluarga Penerima Harapan (KPM) yang sudah terdaftar pada Program Keluarga Harapan (PKH) sebelumnya.
Pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BSA 2023 ini juga nantinya akan bersamaan dengan bansos Atensi Yapi dan dicairkan lewat Kantor Pos.

Ada tiga kriteria kelompok penerima BSA 2023

Sebagai informasi, bansos Atensi Yapi difokuskan oleh Kementerian Sosial untuk diberikan kepada anak yatim piatu. Bantuan ini juga akan disalurkan berbarengan dengan BSA 2023.

Berikut ini kategori kelompok penerima BSA 2023, di antaranya:

  1. Penerima Bantuan Sembako Adaptif saja: Rp 600.000
  2. Penerima Bantuan Sembako Adaptif dan bansos Atensi Yapi: Rp 800.000
  3. Penerima bansos Atensi Yapi saja: Rp 200.000

Cara mendapatkan Bantuan Sembako Adaptif (BSA) 2023

Mengutip dari IDN Times, BSA 2023 bisa didapatkan dengan cukup mudah. Masyarakat yang terdaftar sebagai penerima BSA 2023 dapat mengambil uang tunai di kantor pos.

Kamu cukup membawa KTP serta Kartu Keluarga (KK) asli untuk dibawa ke kantor pos terdekat. Setelah itu, petugas kantor pos akan melakukan verifikasi data untuk memastikan apakah kamu benar-benar sebagai penerima BSA 2023.

Bagi penerima bansos Atensi Yapi, penerima wajib membawa berkas tambahan berupa surat keterangan pengampu dari yayasan atau pemerintah setempat berserta orang yang mengampu.

Hal ini karena penerima bansos Atensi Yapi merupakan kalangan anak-anak di bawah umur.

Pencairan BSA 2023 akan dilakukan dalam beberapa tahap. Dikabarkan penyaluran bantuan ini sudah diberikan kepada penerima sejak Desember 2022 dan terus berlanjut pada Februari hingga Maret 2023 dan mungkin akan berlanjut di tahun 2023 ini. 

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi kantor pos terdekat untuk mengetahui pelaksanaannya di daerahmu. Hal ini tak menutup kemungkinan adanya kebijakan yang berbeda pada setiap kantor pos.

Posting Komentar untuk "Cara dan Syarat Mendapatkan Bantuan Sembako Adaptif 2023"