Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PROGRAM BANSOS BANTUAN SEMBAKO ADAPTIF BAGI YATIM PIATU 2023

PROGRAM BANSOS BANTUAN SEMBAKO ADAPTIF BAGI YATIM PIATU
htprogram-bansos-bantuan-sembako-adaptif-yapi
BSA YAPI AKAN MENJADI PROGRAM BANSOS TAHUN 2023

Bansos Kita : Program bantuan baru dari pemerintah pada tahun 2023 YAPI atau BSA yatim piatu yang merupakan bantuan sembako adaptif yang penyalurannya melalui Kementerian Sosial.

Bantuan Sembako Adaptif YAPI (BSA YAPI) adalah bantuan sosial berupa bantuan langsung tunai yang diberikan kepada anak yatim atau piatu.

Besar harapan pemerintah dengan adanya bantuan ini, anak yang sudah tidak memiliki ibu, atau ayah bahkan kedua orangtua bisa tetap melanjutkan hidup dengan kesejahteraan yang sama dengan yang lain.

Sebagaimana tayangan pada Kanal YouTube Info Online, Nilai nominal jenis bantuan BSA YAPI sebesar Rp 600 ribu, Adapun termin pembagian bantuan ini akan dibagikan pada setiap bulan kepada anak yatim, piatu, dan yatim piatu.

Adapun instansi penyalur bantuan ini adalah melalui Kantor Pos, Peserta yang berhak menerima bantuan ini ialah mereka yang sudah terdata dan terdaftar oleh pemerintahan desa setempat.

Selanjutnya, Bagi yang sudah terdaftar akan dihimpun oleh tim pendamping sosial tahun sebelumnya.

Sistem pencairan bantuan ini dilakukan secara door to door atau bisa diambil langsung ke Kantor Pos.

Dalam proses pencairan perlu mempersiapkan berkas berkas pendukung lainya yaitu:

  1. Kartu Keluarga
  2. KTP pribadi, bagi yang belum memiliki KTP bisa digantikan dengan surat domisili.

Dengan catatan apabila tidak memiliki KTP yatim piatu calon penerima harus memiliki kartu pengampu yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat.

Dalam proses pencairan Apabila yang terdaftar sebagai penerima bantuan berhalangan hadir, Bisa digantikan oleh wali yang tercatat dalam satu kartu keluarga serta bisa juga dengan menggunakan surat kuasa.

Adapun apabila wali pengganti terdaftar di program keluarga harapan, bantuan sembako adaptif YAPI tetap bisa dicairkan. Sehingga keluarga tersebut akan menerima bantuan pemerintah double.

Demikian ulasan mengenai Program pemerintah yang baru yaitu bantuan sembako adaptif yatim piatu (BSA YAPI).



Posting Komentar untuk "PROGRAM BANSOS BANTUAN SEMBAKO ADAPTIF BAGI YATIM PIATU 2023"