Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PRAKERJA 2023 BERALIH DARI SEMI BANSOS KE SKEMA NORMAL

prakerja-2023

PRAKERJA 2023 BERALIH DARI SEMI BANSOS KE SKEMA NORMAL

Sebelumnya, pada tahun 2022 realisasi anggaran untuk Program Kartu Prakerja mencapai Rp18 triliun dengan total peserta mencapai 4.984.790. Dalam hal ini realisasi anggaran mencapai 99,12%.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan penurunan signifikan anggaran program Kartu Prakerja tahun ini disebabkan oleh perubahan skema dari semi bantuan sosial (bansos) menjadi skema normal.

"Sekali lagi, skemanya bukan semi bansos lagi tetapi skema normal yang diatur dalam Perpres Nomor 113 Tahun 2022," ujar Airlangga dalam konferensi pers Launching Skema Normal Program Kartu Prakerja, Kamis (5/1).

Airlangga membeberkan bahwa tahun ini pemerintah sebenarnya menargetkan jumlah peserta Kartu Prakerja mencapai satu juta orang. Karena itu, ia mengatakan masih kekurangan anggaran sekitar Rp1,7 triliun untuk tambahan 450 ribu orang calon peserta Kartu Prakerja.

Karena bukan lagi menjadi program semi bansos, Airlangga menegaskan bahwa Kartu Prakerja juga bisa diakses oleh para penerima bantuan lain seperti Bantuan Subsidi Upah (BSU), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM). "Karena ini untuk retraining dan reskilling, bukan bansos lagi," ucapnya.
prakerja-2023

Ihwal struktur pembagian dana program Prakerja, masing-masing peserta akan mendapatkan bagian sebesar Rp4,2 juta. Kendati, berbeda dengan alokasi dana Kartu Prakerja tahun lalu, Airlangga menekankan bahwa tahun ini kenaikan anggaran diprioritaskan untuk biaya pelatihan alias bukan dana yang bisa dicairkan ke rekening peserta.

"Pada saat skema bansos, biaya pelatihan lebih rendah daripada bantuan. Sekarang biaya pelatihannya sebesar Rp3,5 juta per orang," tuturnya.

Peserta hanya akan mendapatkan Rp600 ribu sebagai pengganti biaya transportasi pelatihan, dan Rp100 ribu sebagai insentif pengisian dua kali survey Program Prakerja. "Pembukaan gelombang pertama dilakukan di Triwulan Pertama tahun 2023," imbuhnya.

prakerja gelombang 48 kapan dibuka, prakerja gelombang 48 kapan, prakerja gelombang 8 kapan dibuka, kartu prakerja gelombang 48, daftar prakerja gelombang 48, kapan kartu prakerja gelombang 48 dibuka, pembukaan prakerja gelombang 48, info prakerja gelombang 48, jadwal prakerja gelombang 48, pendaftaran kartu prakerja gelombang 48, kapan pembukaan prakerja gelombang 48, bansos kita, pendaftaran prakerja gelombang 48

Posting Komentar untuk "PRAKERJA 2023 BERALIH DARI SEMI BANSOS KE SKEMA NORMAL"