Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RUMAH SAKIT YANG MELAYANI JKN HARUS UTAMAKAN PRODUK DALAM NEGERI

jkn-bpjs

RUMAH SAKIT YANG MELAYANI JKN HARUS UTAMAKAN PRODUK DALAM NEGERI

Bansos Kita Pertumbuhan kepesertaan dan anggka pemanfaatan pelayanan kesehatan Program JKN harus didukung dengan peningkatan mutu fasilitas kesehatan yang sangat baik.

Selain melalui akreditasi dan penilaian kelayakan (credentialing) fasilitas kesehatan mitra, BPJS mendorong rumah sakit mitra kerjanya untuk memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri yang berstandar, khususnya penggunaan alat kesehatan dan obat-obatan. langkah tersebut ditempuh guna memastikan keamanan dan keselamatan peserta JKN sat mengakses layanan kesehatan.

Selain untuk mendorong mutu fsilitas kesehatan, kolaborasi melalui komitmen bersama tersebut ini juga merupakan wujud implementasi Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk USaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/jasa Pemerintahan.

Melalui Inpres tersebut, Presiden memberi arahan untuk menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan mempercepat peningkatan penggunaan produk dalam negeri, khususnya untuk alat kesehatan dan obat-obatan.

Dihihimpun Bansos Kita Ali Ghufron Mukti selaku Direktur BPJS Kesehatan menyatakan :

"BPJS Kesehatan sangat mendukung KSP, Kementerian Kesehatan dan seluruh Asosiasi Rumah Sakit yang telah berkomitmen melaksanakn Inpres ini. Oleh karena itu, bersama Kementerian Kesehatan, PERSI, ARSADA dan ARSSI, kami akan memastikan komitmen ini ditindaklanjuti oleh masing-masing Rumah Sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan diseluruh Indonesia. Diprioritaskannya penggunaan produk dalam negeri diharapkan bisa mebangkitkan ekonomi secara nasional. Apalagi, rata-rata 80% pasienrumah sakit adalah peserta JKN" Tuturnya

pelayanan jkn, rs melayani jkn, rumah sakit jkn, bpjs jkn, produk dalam negeri, bangga buatan indonesia, bpjs kesehatan

Sementara itu kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menjelaskan bahwa instruksi Presiden RI untuk menggunakan produk-produk dalam negeri perlu ditingkatkan, baik oleh kementerian, lembaga maupun sektor lainnya.

"Semuanya sepakat membeli produk dalam negeri semaksimal mungkin. Namun ada catatan, pertama kapasitas produksi perlu ditingkatkan agar bisa memenuhi kebutuhan. Kedua kualitas produk harus terjaga dengan baik. Ketiga harganya bersaing. itu tiga hal yang jadi permintaan pelaku rumah sakit di seluruh Indonesia" Tutur Moeldoko


Referensi :

akun resmi Instagram BPJS Kesehatan

Editor : 

Narabas Zariar

Posting Komentar untuk "RUMAH SAKIT YANG MELAYANI JKN HARUS UTAMAKAN PRODUK DALAM NEGERI"